last Hopes Borgol

Another Source

Kamis, 24 Maret 2011

membentuk sebuah group band baru

Belakangan ini sebagian musisi pemula sering menemui berbagai kesulitan untuk mulai membentuk grup band. Kalau kamu serius mau membentuk sebuah grup band, beberapa tips berikut mudah-mudahan berguna;






1 COMPACTNESS /  kekompakanYapz, benar sekali, tanpa hal tersebut nge-band sama aja bo'ong. Yang pertama sekali harus dipastikan adalah aliran musik. Apakah itu rock, underground, metal, alternative, atau apa aja, ( sal jgn dangdut.., he). Harus ada kesepakatan antara masing-masing personil maunya apa. Kalau ada perbedaan selera musik, itu hanya akan menghambat perkembangan musik.

2. SKILL / kemampuan

Ini mutlak harus benar-benar ada. Sebenarnya simpel aja, kalau nggak ada kemampuan, ya nggak usah maen musik He…3x . Ga kok…,Maksudnya berlatihlah sebaik-baiknya supaya bisa menghasilkan musik yang bagus. Sebaliknya, kalau loe punya skill, kenapa nggak ditunjukkan? Maksudnya bukan buat pamer, kali aja ada kelompok yang ngeliat bakat loe, trus loe bisa diajak dalam suatu komunitas musik.
3. FACILITIES / fasilitas
Mungkin lebih tepatnya gue sebut dana. Karena dengan modal yang cukuplah fasilitas bisa didapatkan. Minimal grup loe punya tempat buat latihan, sound system, alat musik berupa electric guitar (tentunya disertai amplifier, effect, dll-nya), bass, drum. Tapi seandainya situasinya kurang memungkinkan untuk hal-hal demikian, kalian bisa nge-rental.
4. SOLIDARITY / Solidaritas
Ini nggak boleh diabaikan, harus ada pengertian antar masing-masing personil. Kalau seorang anggota berbuat kesalahan, jangan terlalu dibesar-besarkan. Begitu juga kalau satu tim mendapat problem internal, jangan pernah saling menyalahkan. Hal ini juga berlaku kalo lagi maen bola kaki, kerjasama adalah segalanya. Tanpa kerjasama, maka kemenangan tidak akan… *lho, kok jadi ke olahraga ya?*
5. CONSISTENT / konsisten
Seandainya semua hal di atas sudah terpenuhi, pertahankanlah kualitas musik yang sudah didapat. Meskipun pasti akan ada berbagai hal yang akan terjadi, bisa baik dan bisa juga buruk, jangan biarkan berlarut-larut. Segera bangkit dan tetaplah eksis.
Kayaknya segitu dulu yang bisa saya berikan, semuanya berdasarkan pendapat dan pengalaman.


0 komentar:

Posting Komentar